Kamis, 03 Juni 2010

Mengenal Penyakit Herpes

gambar deskripsi virus

Mungkin penyakit ini sudah tidak asing lagi di teling kita. Banyak yang menganggap herpes sebagai penyakit yang menakutkan dan asusiasi kita selalu melayang pada penyakit kelamin, padahal tidak demikian. Ada baiknya kita mengenal beberapa jenis Herpes. Jenis yang banyak terjadi pada manusia yaitu Herpes Zoster dan Herpes Simpleks.

Herpes Zoster disebabkan oleh virus cacar air ( varicela Zoster), biasanya terjadi pada orang yang pernah menderita penyakit cacar air. Ketika cacar air nya sembuh, ada virus yang membandel dan bersembunyi di simpul syaraf dalam tubuh kita ( dapat hidup selama puluhan tahun ). Begitu daya tahan tubuh kita menurun maka virus tersebut akan aktif dan meyerang saraf saraf kulit, sehingga memunculkan benjolan berisi gelembung air yang menggerombol, tidak menyebar dan terasa nyeri. Herpes ini harus segera diobati, karena pengobatan yang terlambat dapat menyebabkan nyeri saraf yang menetap setelah penyakit herpes sembuh, kulit sudah normal tetapi terasa nyeri sampai bertahun tahun. Herpes ini biasanya tidak pernah kambuh lagi.
Herpes Simpleks disebabkan oleh 2 jenis virus, yaitu Virus Herpes Simpleks I ( menyerang kepala ) dan Virus Herpes Simpleks II ( menyerang kelamin ).Virus tipe I hanya terjadi jika tertular oleh orang lain. gejalanya biasanya mengenai mata, seperti sakit mata biasa, berwarna merah, terasa sakit. Pada bibir biasa timbul gelembung2 kecil berisi air atau luka2 kecil dan rasanya sangat nyeri. Virus tipe II ditularkan melalui hubungan kelamin dengan orang yang menderita penyakit ini. Gejalanya timbul luka2 kecil yang sangat nyeri di daerah kelamin, bisa menyebabkan cacat pada bayi kalau diderita oleh ibu yang sedang mengandung. Herpes Simpleks bersifat kambuh kambuhan, seiring tidak dapat dimatikan oleh obat karena virus dapat bersembunyi dalam sel. JIka daya tahan tubuh kita menurun maka virus ini akan aktif dan menyerang.
Kunci penanggulangan yang efektif, sebelm 36 jam segera berobat, karena pad awal sakit virus masih dalam darah. Waspadai kesehatan kelamin dan reproduksi, hindari stress, olah raga teratur, istirahat fisik dan mental yang cukup, dan konsumsi nutrisi yang seimbang dan berkualitas karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Lecithin, AMNE dan royal jelly merupakan food supplement yang mengandung nutrisi seimbang dan diperlukan oleh tubuh. Konsumsi secara teratur akan menjaga daya tahan dan stamina tubuh sehingga mencegah virus agar tidak aktif.

disunting dari http://www.naturalnusantara.co.id/indek_7_1_1.php?id=19

Tidak ada komentar:

Artikel Populer