Kamis, 20 April 2023

11 Tips Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan dan Branding Bisnis mu

tips digital marketing untuk sukseskan penjualan dan meningkatkan branding bisnis mu

Saat ini, memiliki profil digital sudah menjadi seperti kewajaran dan keharusan. Setidaknya tercatat ada 277 juta akun aktif media sosial di Indonesia pada tahun 2022 dari 275 juta jiwa jumlah penduduk indonesia pada tahun 2022. Banyak dari kita yang memiliki lebih dari 1 akun media sosial.

Berdasarkan data tersebut, menjadi sangat menggiurkan untuk kita dapat membuat bisnis dan branding kita go digital, tentunya untuk penetrasi promosi dan penjualan sehingga dapat memberikan peningkatas sales bisnis kita. Berikut adalah 11 Tips Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan dan Branding Bisnis mu.

1. Mengenal Pelangganmu

Memahami target pelanggan adalah langkah penting dalam pemasaran. Siapa mereka? Apa minat, kebutuhan, dan keinginan mereka? Di mana mereka menghabiskan waktu mereka? Untuk mengidentifikasi dan memahami pelanggan, kita mungkin bisa melakukan riset pasar dan mensurvei beberapa pelanggan kita yang sudah ada. Kita dapat menggunakan data ini untuk mengembangkan berbagai persona pembeli dan perjalanan pelanggan, yang memetakan langkah-langkah yang diambil calon pelanggan dari pembelanja anonim menjadi pembeli setia. Kita dapat menentukan segmen pelanggan, berdasarkan faktor seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, lokasi, dan minat.

Dengan gambaran yang jelas tentang target pelanggan, kita dapat mulai membuat kampanye pemasaran bertarget yang sesuai dengan minat mereka. Dan jangan lupakan umpan balik pelanggan: ini adalah sumber data hebat yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan penawaran dan pengalaman pelanggan.

2. Membuat Konten yang Menarik

Salah satu aspek terpenting dari pemasaran digital adalah membuat konten yang menarik dan relevan yang menarik orang untuk mengunjungi situs web. Clickbait konten mungkin menarik perhatian pembeli, tetapi jika tidak memberikan nilai bagi audiens target Anda, kemungkinan besar mereka akan pergi sebelum melakukan pembelian.

Konten yang bernilai dapat berupa postingan blog, video, infografis, atau postingan media sosial. Berikut adalah beberapa kiat pemasaran untuk pembuatan konten yang efektif:
  1. Posting konten secara teratur dan terjadwal
  2. Buat konten yang menghibur, informatif, dan berempati.
  3. Pastikan konten kita buat orisinil dan mencerminkan nilai bisnis dan branding kita.
  4. Manfaatkan infografis dan video.
  5. Sesuaikan konten untuk berbagai platform digital.
  6. Pertimbangkan untuk meminta pelanggan membuat konten buatan pengguna, yang menampilkan produk Anda.
  7. Gunakan disain dan foto yang menarik: estetika itu penting.
  8. Konten yang dibuat tidak hanya berisi promosi produk dan jasa saja, buatlah konten yang membeikan manfaat sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  9. Pertahankan branding yang konsisten sehingga pembeli dapat lebih mudah mengidentifikasi bisnis dan brand kita.

3. Optimasi SEO Website

Situs website adalah gerbang yang menjadi pintu masuk pelanggan untuk mengenal kita dan membeli produk dan jasa yang kita jual, jadi penting untuk mengoptimalkannya. Ini berarti memastikannya mudah dicari di mesin pencaru, memiliki desain ui/ux yang menarik dan mudah di navigasi, memiliki ajakan yang jelas untuk membeli produk dan jasa kita, dan menawarkan pembayaran yang mudah. Mengoptimalkan pengunjung website untuk di konversi dapat dapat menghasilkan peningkatan penjualan online yang signifikan.

Situs Anda juga dapat membantu mengumpulkan data pelanggan yang berharga, seperti pembelian teratas, riwayat penelusuran, jalur klik, dan lainnya. Dengan menganalisis data ini dan mengidentifikasi pola, kita akan menemukan peluang untuk pengoptimalan di masa mendatang dan dapat menargetkan serta menyegmentasikan pelanggan dengan lebih efektif.

Situs website dan konten yang dipublikasikan juga harus menyertakan kata kunci penelusuran teratas: kata dan frasa yang diketik pelanggan ke mesin telusur saat mencari produk, layanan, dan situs web seperti milik Anda. Google, sebagian besar penyedia platform e-niaga, pembuat situs web, dan perusahaan lain menawarkan alat gratis yang dapat membantu Anda meneliti kata kunci dan mengoptimalkan konten sesuai dengan itu.

4. Membangun Presensi yang Menarik di Media Sosial

Sebagian besar pelanggan kita saat ini dan calon pelanggan menghabiskan sebagian besar hari mereka untuk scrollling akun media sosial mereka seperti Instagram dan Tiktok. Berikut adalah beberapa kiat pemasaran media sosial dengan memanfaatkan platform media sosial.
  1. Identifikasi platform dan komunitas tempat pelanggan menghabiskan waktunya. Pantau hal-hal apa yang mereka share di media sosial tentang minat, opini, dan perasaannya.
  2. Publikasikan konten yang menghibur, mendidik, atau menginformasikan audiens target  kita: tidak hanya tentang merek dan produk kita tawarkan, tetapi juga tentang kebutuhan dan keinginan audiens kita.
  3. Terlibat dengan pengikut kita secara teratur dengan mendengarkan dan menanggapi mereka di platform media sosial atau komunitas online tempat mereka berkumpul.
  4. Gunakan gambar dan video yang menarik dan berkualitas tinggi, karena ini adalah bentuk konten paling populer.

5. Membuat Konten yang Mobile-friendly

Pada tahun 2022, hampir 192 juta jiwa di Indonesia adalah pengguna internet dari smartphone dari 215 juta jiwa pengguna internet di Indonesia. Itu artinya hampir 89% pengguna internet di Indonesia mengakses internet dari smartphone mereka. Artinya sangat penting bagi kita untuk membuat konten yang cocok untuk di akses di smartphone. Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam membuat konten yang mobile-friendly :
  1. Membuat konten yang singkat dan jelas.
  2. Gunakan bentuk konten infografis dan video.
  3. Membuat dan posting konten di media sosial yang populer di pelanggan kita.

6. Mengintegrasikan Pemasaran di Berbagai Plarform

Komponen utama pemasaran digital adalah mengintegrasikan perpesanan, branding, dan kampanye bisnis kita di berbagai platform sekaligus. Mengelola konten di seluruh saluran digital bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi sangat penting untuk berhasil secara online. Berikut adalah beberapa kiat pemasaran digital untuk mengintegrasikan lintas platform:

  1. Kembangkan strategi pemasaran digital jangka panjang yang sesuai dengan misi dan tujuan kita
  2. Gunakan CRM tools untuk melacak data pelanggan dan lebih memahami perilaku audiens
  3. Jalankan pengujian A/B dan perhatikan metrik konversi seperti tarif terbuka, CTR, dll.
  4. Buat kalender konten dan sosialisasikan di seluruh organisasi kita
  5. Pertahankan branding yang konsisten (font, warna, gaya penulisan) di seluruh platform yang kita miliki

7. Manfaatkan fitur Google My Business

Google My Business adalah platform gratis yang memungkinkan bisnis membuat listingan di Google. Ini gratis untuk digunakan dan cara yang bagus untuk menjangkau calon pelanggan, terutama jika binsis kita adalah bisnis lokal dengan pelanggan yang tinggal di dekat Anda. Pastikan untuk mengklaim cantuman bisnis Anda dan mengisi semua informasi dengan benar. Keuntungan lain dari Google My Business:

  1. Kita dapat menambah atau memperbarui informasi yang relevan tentang bisnis kita, seperti detail kontak, URL situs web, gambar, video, acara, jam buka, dan lainnya
  2. Pelanggan dapat menilai bisnis kita dan menambahkan ulasan, yang berarti kita dapat menanggapi umpan balik dan mempelajari apa yang disukai atau tidak disukai audiens kita
  3. Menambahkan toko kita ke Google My Business adalah bentuk pengoptimalan mesin telusur yang meningkatkan peringkat penelusuran bisnis kita.
  4. Kita akan mendapatkan laporan tepat waktu dengan data di cantuman bisnis kita, seperti jumlah tampilan laman, pemberitahuan tentang ulasan pengguna, dan lainnya

8. Melakukan Promosi Pemasaran menggunakan Email dan Broadcast Whatsapp

Ada alasan email masih menjadi dasar dari sebagian besar upaya pemasaran digital: ini adalah cara bervolume tinggi dan berbiaya rendah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan, mengingatkan mereka tentang bisnis kita, dan mempromosikan produk, penjualan, dan informasi terbaru dari bisnis kita. Terdapat banyak aplikasi yang  memudahkan pembuatan template email, melacak rasio buka dan klik, serta membuat daftar email kita tetap sesuai dan terkini. Dan menambahkan formulir, banner, atau munculan di situs kita untuk mengumpulkan alamat email adalah cara mudah untuk mengembangkan basis pelanggan potensial kita. Email adalah saluran yang ideal untuk mengomunikasikan informasi penting dan informasi tepat waktu, tetapi untuk pesan mendesak, gunakan aplikasi pesan yang populer di pelanggan kita seperti Whatsapp dan Telegram.

Pemasaran Whatsapp dan Telegram — terutama jika bersifat dua arah dan percakapan — membantu kita membangun hubungan, menciptakan rasa urgensi, dan bertemu pembeli di tempat mereka menghabiskan sebagian besar waktunya: di ponsel. Meskipun sebagian besar pemasar mengandalkan pemasaran email, firma riset Gartner telah menemukan bahwa kampanye pemasaran teks memiliki tingkat respons 7X lebih tinggi dan rasio klik-tayang lebih dari 30 kali lebih tinggi daripada email.(4) Pesan teks adalah saluran ideal untuk pemasaran tingkat tinggi. pesan pemasaran konversi, seperti pengingat keranjang yang ditinggalkan, penjualan Black Friday dan konten promosi lainnya, serta pesan yang dipersonalisasi atau tersegmentasi berdasarkan data pengguna.

9. Investasi dalam Iklan Online

Iklan Pay per Click (PPC) adalah salah satu strategi pemasaran digital paling efektif untuk menjangkau audiens target bisnis kita dan mengarahkan lalu lintas ke situs Website kita. Mungkin terasa berisiko menghabiskan uang untuk iklan digital, tetapi di pasar e-niaga yang sangat kompetitif, iklan PPC adalah taruhannya.

Iklan PPC dapat menjadi alat yang berguna untuk bereksperimen dengan pesan dan merek kita, dengan tujuan akhir agar kita mempelajari apa yang mendapatkan klik paling banyak dan dapat terus meningkatkan ROI. Iklan Google dan Iklan YouTube adalah contoh iklan PPC, begitu pula platform media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Twitter, dan Facebook.

10. Personalisasi Konten

Setiap hari kita membagikan informasi penting tentang diri kita secara online. Sebagai bisnis e-commerce, kita dapat memanfaatkan data ini dengan cara yang terhormat dan legal untuk lebih memahami pembeli kita dan menghubungkan mereka dengan produk yang mereka butuhkan dan inginkan. Personalisasi semacam ini — apakah itu menangani email ke pelanggan dengan nama depan mereka, atau memberi tahu pelanggan bahwa item yang mereka jelajahi di situs Website sudah tersedia kembali — adalah keunggulan kompetitif utama dalam pemasaran digital. Riset dari Metrik Permintaan menemukan bahwa 82% pelanggan merasa lebih positif tentang suatu merek setelah berinteraksi dengan konten yang dipersonalisasi. Dengan mempersonalisasi konten kita sesuai kebutuhan dan minat pembeli, Anda akan dapat meningkatkan konversi dan melihat laba yang lebih tinggi pada investasi untuk usaha kita.

11. Manfaatkan Tools Tambahan untuk Pemasaran Digital

Sama seperti toko online yang merupakan evolusi dari toko kovensional. Tools pemasaran digital membuat pemasar lebih efisien, berbasis data, dan efektif secara online. Mereka juga dapat membantu Anda meningkatkan pengalaman pelanggan dan perjalanan pelanggan situs Anda, dari prospek hingga rujukan. Berikut adalah beberapa contoh untuk dijelajahi jika kita belum melakukannya.

Chatbots 

Chatbots menggunakan kecerdasan buatan untuk berkomunikasi dengan pengunjung. Mereka dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan, memberikan dukungan pelanggan, dan mempromosikan produk. Chatbots adalah cara yang dapat diskalakan dan terjangkau untuk terhubung dengan pelanggan pada tingkat pribadi ketika kita tidak dapat memiliki staff admin untuk menjawab setiap pertanyaan.

Video adalah media berkembang untuk terhubung dengan konsumen: jumlah video yang ditonton orang secara online meningkat dua kali lipat sejak 2018, dan 87% pemasar yang menggunakan video mengatakan bahwa video tersebut memiliki ROI positif. Coba prospeksi video: gunakan video pribadi singkat untuk memperkenalkan bisnis dan brand kita, jelaskan produk kita, dan bangun hubungan dengan pelanggan potensial. Atau tambahkan demo produk ke situs kita untuk membantu mengedukasi pelanggan dan mempercepat proses penjualan.

Pastikan kita menggunakan semua integrasi yang tersedia di platform e-commerce yang kita gunakan. Integrasi ini dirancang untuk membuat bisnis kita lebih efisien dan membebaskan kita untuk fokus pada hal lain, terutama dengan menghubungkan data kita di seluruh platform perangkat lunak dan memberi kita pandangan yang lebih akurat tentang bisnis kita.

Demikian 11 Tips digital marketing untuk meningkatkan penjualan dan branding bisnis kita. Selalu kreatif dan selalu up-to-date terhadap perkembangan tren pemasaran terkini menjadi kunci untuk kita bisa sukses dalam digital marketing. 

Semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari artikel ini dan mengimplementasikan nya dalam bisnis kita. Kunjungi juga artikel Tips Digital Branding agar brand bisnis kita dapat mendapatkan presensi yang baik dalam penjualan digital.

Jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui media sosial kami. Tetap ikuti artikel artikel menarik lainnya di blog ini untuk tetap mendapatkan informasi dan artikel terbaru. 

Salam sukses,







Tidak ada komentar:

Artikel Populer