Senin, 10 April 2023

8 Tips Digital Branding Supaya Brand dan Bisnis Melesat

digital branding

Pada zaman sekarang eksis di dunia digital sudah menjadi keharusan, begitu pula bagi para profesional dan pebisnis. Dengan potensi pasar yang sangat luas tanpa batas, sangat disayangkan apabila kita tidak memanfaatkan dunia digital untuk mengakselerasi bisnis dan dunia profesional kita.

Dengan mengoptimalkan potensi dunia digital, kita bisa membuat dunia profesional dan bisnis kita menjadi suatu "Brand " yang dikenal, hal tersebut kita sebut istilahnya "Digital Branding ".

Digital branding saat ini banyak diterapkan oleh para profesional dan pebisnis. Metode marketing ini sangat efektif untuk membangun kepercayaan pelanggan dan menjadi pembeda dengan kompetitor.

Pada artikel ini mari kita bahas 8 Tips bagaimana cara kita mengoptimalkan digital branding untuk menunjang kesuksesan kita di dunia profesional dan bisnis. 

1. Ciptakan Logo Bisnis

big tech company logo

Logo merupakan suatu gambar yang mewakili brandmu dan harus mudah diingat oleh pelanggan dan client. Contoh seperti logo perusahaan Apple dengan satu gigitan pada buah apelnya atau Nike dengan logo "cheklist" nya.

untuk membuat suatu logo harus mempresantasikan kepribadian dan value bisnis dan target audiens. Tidak harus mencolok, namun logo yang baik adalah yang meninggalkan kesan dan mudah diingat.

2. Buat Website Bisnis

bussiness website

Jika logo anda adalah suatu tanda untuk bisnis anda, maka website adalah sebuah etalase dan media eksklusif digital anda. Ketika pelanggan dan client ingin mengetahui lebih lanjut tentang bisnis anda, maka website adalah katalog yang menunjukan dan mendeskripsikan siapa anda dan bisnis anda. Didalamnya bisa terdapat identitas, produk dan jasa yang anda tawarkan, promosi yang anda tawarkan, informasi kontak dan lokasi, dan hal menarik lainnya yang bisa anda tunjukan kepada pelanggan dan client anda. Website memudahkan pelanggan menemukan anda dan bisnis anda. Tentunya dengan website yang teroptimasi, pelanggan dapat dengan mudah mencari anda lewat mesin pencari seperti Google.

Website yang efektif memiliki hal-hal berikut :

  • Tampilan yang sederhana dan navigasi menu yang mudah dijangkau dan dimengerti
  • Desain yang ramping dan menjaga konsistensi brand dengan skema warna dan desain yang konsisten dan melengkapi logo anda
  • Jadikan nama brand dan detail penting Anda menonjol dengan font yang cenderung tebal dan dapat dibaca
  • Buat halaman website tetap ringkas dan to-the-point

3. Brand Messaging

girl on messaging
Image by benzoix on Freepik

Brand messaging adalah pesan yang disampaikan kepada pelanggan dan client tentang hal penting dan menarik dari bisnis anda saat ini. Pesan yang disampaikan harus mencerminkan apa yang dilakukan dan diyakini oleh anda, dan sampaikan secara singkat tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan anda.
Brand message yang baik dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:
  • Apa yang bisnis anda kerjakan?
  • Apa yang bisnis anda perjuangkan?
  • Mengapa bisnis Anda sangat penting?
Brand message ini ibarat core value sebuah bisnis. Tanpa core value sebuah bisnis akan kehilangan arah. Brand messaging dapat dilakukan melalui whatsapp, telegram, messager, dan aplikasi pesan lain yang banyak digunakan oleh bisnis anda dan pelanggan anda.

4. SEO ( Search Engine Optimation )

search engine optimation

SEO ( Search Engine Optimation ) adalah metoda optimasi website supaya website anda dapat ditemukan oleh mesin pencari google dan menjadi top-list di halaman mensin pencari. Sehingga Informasi dan brand anda dapat dengan mudah dijangkau oleh pelanggan anda. Untuk detail dan dokumentasi SEO anda dapat menghubungi alamat Google Search Essentials, yang menjelaskan bagaimana Google mengindeks dan memberi peringatan kepada situs. Berikut tips utama optimasi dari Google:
  • Pastikan bahwa setiap halaman website dapat dijangkau dengan tautan dari halaman lain yang dapat ditemukan
  • Batasi jumlah tautan pada halaman hingga paling banyak seribu
  • Desain halaman utama untuk user, bukan mesin pencari
  • Pertimbangkan apa yang membuat wesite anda bermanfaat dan menarik
  • Jadikan website anda menonjol dari yang lain dengan memberikan informasi nilai tambah
  • Pantau terus situs anda dari ancaman tautan rusak dan pertasan ( hacking )
Anda dapat menggunkaan keyword search tool seperti Ubersuggest, Ahrefs, SEMrush, atau KeyWordtool untuk menemukan kata-kata yang sering dicari di mesin pencari yang dapat anda gunakan dalam website anda. 

5. Content Marketing

content marketing


Content Marketing merupakan foto, video, atau media digital lainnya yang menarik dan dapat memberikan engagement kepada pelanggan. Content Marketing tidak berfokus pada penualan tetapi fokus pada manfaat dan infromasi menarik untuk pelanggan.

Content marketing yang baik harus menstimuli minat pelanggan pada brand anda dan membuat pelanggan bersemangat untuk terus mengikuti website dan media digital anda. Content marketing juga harus dapat membangun kepercayaan dan manfaat antara brand dan pelanggan. 

6. Social Media

social media

Hampir semua orang, termasuk remaja hingga orang tua telah menjadi pengguna media sosial seperti : Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok.  Menurut data dari kpp, pada tahun 2022 pengguna media sosial aktif di indonesia mencapai 277,7 juta akun pengguna. Dengan mengoptimalkan media sosial untuk branding kita memiliki potensi untuk dapat menjangkau jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak tersebut.

Saat menggunakan media sosial, berpikirlah seperti sorang influencer, dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :
  • Jadwalkan postingan untuk waktu dan tanggal tertentu. 
  • Berinteraksilah dengan pelanggan atau audiens melalui kolom komentar. 
  • Tanggapi direct message pada media sosial anda
  • Jangan lupa untuk melacak insight dan progres anda di media sosial
Anda juga dapat menggunakan tools seperti Hootsuite atau Later untuk dapat membantu anda mengintegrasikan semua platform dan melacak engagement.

7. Email Marketing

email marketing

Email marketing adalah cara mudah untuk menjangkau pelanggan, terutama untuk pelanggan yang tidak menggunkan media sosial.

Mulailah dengan membuat daftar target email yang kuat dan berisi, yang kemungkinan besar dapat di ubah menjadi pengunjung dan pelanggan anda. Untuk mendapatkan leads, anda bisa melihat data pendaftaran dari iklan atau mengumpulkan langsung di situs web anda dengan menyertakan pop up pendaftaran newsletter di landing page.

Sebelum anda mengirim email secara massal, identifikasi dengan jelas apa yang ingin anda capai dengannya:
  • Meningkatkan engagement?
  • Menjaga hubungan dengan pelanggan?
  • Mengumumkan produk baru?
Tujuan email marketing anda harus melihat segala aspek mulai dari barus subject email hingga pemilihan gambar anda. Targetkan email anda ke segmen pelanggan tertentu dan tulis dengan nada yang aktif dan menarik sesuai dengan brand anda.

Sertakan foto, video, dan informasi berguna yang berupaya tidak hanya menjual produk anda, tetapi juga secara aktif melibatkan pelanggan dalam gaya hidup brand anda.

Jadwalkan email masal dengan hati-hati. Mengirim terlalu banyak atau back-to-back sering menghasilkan jalan emas untuk email anda masuk ke junk atau bahkan tong sampah oleh penggunanya.

8. Online Advertising

online advertising
Image by Freepik


Iklan online atau online advertising adalah upaya beriklan di internet dengan menampilkan website promosi anda. Ada banyak cara beriklan secara online, diantaranya :
  • Search engine ads: iklan ini bertujuan agar website anda meraih posisi bagian atas halaman di situs seperti Google sehingga pelanggan melihat produk atau brand anda terlebih dahulu.
  • Display ads: iklan ini adalah sepanduk/ banner yang dapat di klik yang anda temukan di halaman web di seluruh internet.
  • Social media ads: Facebook, Twitter, Instagram, dan Tiktok menawarkan berbagai cara untuk "menseponsori" konten anda. Anda dapat membayar untuk beriklan, yang artinya postingan anda akan secara otomatis muncul di feed calon pelanggan.
  • Mobile feed dan desktop feed ads: iklan ini sering muncul sebagai "konten yang disarankan" pada umpan seluler dan desktop pengguna. Mereka memiliki nuansa yang lebih alami, karena terintegrasi langsung ke dalam feed dan berbaur dengan konten non-bayar.
  • Retargeting ads: Pernahkah anda mencari sesuatu di search engine, marketplace, atau di media sosial, lalu beberapa menit kemudian muncul rekomendasi di search engine, marketplace, atau media sosial tersebut tentang hal hal yang telah anda cari sebelumnya. Iklan ini menjangkau pelanggan yang sebelumnya "berminat" pada bisnis atau layanan anda.

Demikian tips-tips untuk brand dan bisnis anda eksis di internet dengan tujuan meningkatkan performa brand dan bisnis anda. Anda dapat langsung mencobanya dan menjalankan nya secara konsisten dan buatlah konten konten yang menarik di dalamnya. 

Apabila anda tertarik untuk membuat website dan mengoptimasikan website dan media sosial anda dengan mudah, anda dapat menghubungi kami, senantiasa kami dapat membantu anda. 

Jangan sungkan untuk follow media sosial saya dan blog ini untuk tetap mendaptkan infromasi menarik. 




Tidak ada komentar:

Artikel Populer