Minggu, 09 April 2023

5 Perkerjaan yang Trending 2023

 

5 pekerjaan yang trending 2023

Tahun 2023 merupakan starting point dari banyak hal yang sudah terjadi di tahun 2019, 2020, 2021, dan 2022. Dalam 4 tahun terakhir kita menghadapi Pandemi Covid yang telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan kita. Di tahun 2022 kita recovery dan semua mencoba untuk bangkit, dan sekarang kita sedang bangkit. Kegiatan kita semua sudah mulai normal lagi. Bukan normal seperti sebelum pandemi. Tetapi ini adalah normal yang baru, New Normal, yang kita semua harus beradaptasi dengan hal tersebut.

Pandemi covid tidak hanya berdampak negatif pada kita semua. Kemarin kita dipaksa untuk kreatif untuk tetap bisa produktif pada masa pandemi dan setelah pandemi. Banyak hal baru yang muncul, begitu juga dengan tren pekerjaan yang sekarang telah menjadi opsi untuk kita tetap produktif.

Berikut 5 pekerjaan yang trending di tahun 2023

1. Konten Kreator

ilustrasi konten kreator

Menjadi konten kreator sekarang ini adalah hal yang menjanjikan untuk dijadikan pekerjaan dan menjadi sumber pendapatan yang sangat layak. Telah banyak konten kreator bermunculan dan sukses di bidang ini. Untuk menjadi konten kreator, ada banyak platform digital yang dapat kita manfaatkan dan platform ini memang telah kita gunakan sehari hari. Platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan Youtube adalah beberapa contoh platform yang dapat kita manfaatkan untuk menjadi konten kreator. Untuk memulai kita bisa menggunkan handphone sendiri yang kita buat untuk membuat konten. Dengan menjadi konten kreator kita bisa membuat apapun di bidang yang kita sukai.

2. Digital Marketing

digital marketing

Dengan penggunaan gedget digital yang telah menjadi perangkat yang kita gunakan sehari hari secara luas oleh seluruh masyarakat di dunia, telah menjadikan pemasaran di dunia digital  menjadi prospek yang sangat luas. Pemasaran di dunia digital tidak dibatasi oleh lokasi dan geografis. Apabila mau, seluruh masyarakat di dunia tanpa batas. Sehingga banyak pelaku usaha dan bisnis melakukan penetrasi pemasaran dan promosi di dunia digital. Di sini lah peranan digital marketing masuk, dengan mempelajari beberapa aspek pemasaran digital, tools pemasaran digital dan optimasi konten digital kita bisa membantu para pelaku usaha untuk dapat promosi dan memasarkan produknya di pasar yang tidak terbatas dengan hasil yang terukur.

3. Data Analis

pekerjaan data analis
Kita semua kini sudah sangat faham penting nya data dalam kehidupan kita sehari hari, terutama untuk bisnis yang kita lakukan. Dengan data kita dapat membuat keputusan yang tepat dengan fakta dan data yang nyata. Kita tidak lagi membuat keputusan hanya berdasarkan intuisi dan insting semata. Tidak hanya di perusahaan besar, kini data analis pun dibutuhkan untuk perusahaan menengah dan kecil. Menjadi Data Analis kita perlu mahir dalam matematika dan statiskik. Dengan mengusasi hal tersebut dan mahir menggunakan tools data analis seperti Power BI dan Tableu. Kita dapat memulai karir kita sebagai Data Analis.

4. Video dan Konten Editor

video dan konten editor

Untuk membuat konten video dan gambar yang berkualitas dibutuhkan keahlian menggunakan aplikasi untuk viedo dan gambar. Bagi para pelaku usaha yang fokus pada kegiatan dan penetrasi bisnis, memperkerjakan Video dan Konten Editor menjadi opsi yang masuk akal dan terukur. Kebutuhan akan video dan konten editor sudah mejadi kebutuhan tingkat lanjut untuk membuat konten digital yang berkualitas. Dengan mempelajari tools dan teknik editing video dan gambar, serta dilengkapi dengan pengetahuan dasar dasar design dan videografi, kita bisa menjadi seorang Video dan Konten editor yang dapat diandalkan.

5. Web Developer

pekerjaan web developer
Saat ini banyak kebutuhan dalam membuat web, selain membuat konten pada platform platform ditigal. membuat website menjadi kebutuhan yang lebih lanjut untuk penetrasi bisnis dan branding di dunia digital. Tidak hanya untuk perusahaan besar dan mutlinasional, membuat website telah menjadi kebutuhan untuk usaha UMKM guna meningkatkan pemasarrannya. Dengan mempelajari dasar dasar pemrograman HTML, CSS, JavaScript, dan dibekali dasar dasar jaringan dan internet kita bisa menjadi Web Developer handal.

Hal hal diatas adalah 5 pekerjaan yang sekarang trending di tahun 2023 dan akan tetap menjanjikan pada tahun tahun berikutnya. Untuk terjun ke industri kreatif seperti ini tidak perlu berkecil hati, dengan tekad belajar yang kuat dan kemampuan untuk bisa memberikan solusi bagi client, siapapun dapat terjun di bidang ini. Pekerjaan ini bukan pekerjaan yang dilirik di 10 tahun yang lalu, tetapi sekarang dengan perkembangan dunia digital yang pesat, bidang ini sangat dibutuhkan dan pekerjaan ini menjadi menjanjikan.

Tetap pantengin dan subscribe blog ini untuk mendapatkan artikel-artikel menarik yang bermanfaat. 

Simple word simple say, say the word with my own way.


Tidak ada komentar:

Artikel Populer