Jumat, 07 April 2023

Sekarang sudah awal tahun 2023 dan semakin digital

 

digitalisasi di tahun 2023
Photo by Headway on Unsplash

Lagi lagi tidak terasa waktu berjalan, sekarang sudah 2023. Banyak hal yang terjadi dari 2018, 2020, 2022, dan sekarang menginjak ke 2023. Banyak juga perubahan yang sudah terjadi, mulai dari kehidupan sehari hari hingga ke karir. Dari semua itu yang paling terasa berat adalah pandemi Covid yang sempat melumpuhkan kegiatan kita semua. 

Masa Pandemi covid telah membuat kita semua mundur beberapa langkah dan harus merubah arah dan merubah strategi. Menurut pandangan saya yang sangat kerasa adalah proses digitalisasi yang semakin cepat dan pandemi covid kemarin telah mempercepat proses digitalisasi kita dalam kehidupan sehari hari.

Kuota internet adalah hal yang sekarang menjadi kebutuhan pokok. Belajar online dan bekerja online adalah hal yang sudah lumrah sekarang. Belanja online pun akselerasi nya semakin cepat. Sekarang semua serba online.

Apakah kita semua sudah siap dengan semua serba online ini. Sekarang adalah masa transformasi digital.

Sejak beberapa tahun yang lalu sebelum pandemi covid kita sudah kenal dengan media sosial dan marketplace online. masa pandemi kita mulai kenal dengan apa namanya meeting online, belajar daring, online course, dan penggunaan media sosial penggunaannya lebih diarahkan ke bisnis dan branding.

Instagram Story, Tiktok, Youtube live, shopee live adalah beberapa hal yang sekarang sudah banyak diguanakan. Penggunaan youtube untuk keperluan menimba ilmu pun sekarang menjadi tren. 

media sosial
Photo by Collabstr on Unsplash

Banyak dampak positif yang bisa kita ambil dari proses percepatan digitalisasi, walaupun pada awalnya dipaksa online karena pandemi Covid. Disisi lain selau ada dampak positif dan negatifnya. Harus tahu tentu dampak negatifnya, tetapi tetap fokus pada dampak positif dah hal positif apa yang dapat kita lakukan dan kita manfaatkan dari proses digitalisas ini.

5 Perkerjaan yang Trending 2023

Sekian prolog untuk postingan pertama di tahun 2023 ini, next kita bahas beberapa hal yang dapat kita lakukan supaya makin sukses di arus deras digitalisasi ini. Pantengin terus blog ini. See you !



Tidak ada komentar:

Artikel Populer