Selasa, 01 Maret 2011

Tips Hidup Sehat Untuk Melahirkan Generasi Yang Pintar dan Sehat

ilustrasi keluarga

Anak yang pintar dan sehat dilahirkan oleh pasangan suami istri yang sehat pula, maka marilah kita hidup sehat untuk kita dan generasi penerus kita.

Tubuh yang sehat terbertuk dari jiwa yang kuat, oleh karena itu hendaklah kita selalu memberi makan dan asupan gizi yang baik bagi jiwa kita dan juga bagi hati kita. Memperkuat keimanan dan ketakwaan. Selalu melihat hal yang baik baik, selalu mendengar yang baik baik, dan selalu melakukan yang baik baik.

Ketika istri sedang mengandung, pasangan suami istri hendaklah juga memberi asupan gizi yang baik kepada bayi dalam kandungan baik secara jasmani maupun rohani. Bayi dalam kandungan itu bisa “menyimak”, “belajar”, “melihat”, dan “ mendengarkan” dari apa yang kedua orang tuanya lakukan. Ingin anak pintar matematika, maka sering seringlah belajar matematika ketika anak dalam kandungan. Ingin anak yang baik dan solehah, makan rajin rajin lah pasangan suami istri melakukan amal amal soleh. Pasangan suami istri hendaklah selalu berbuat dan berucap yang baik baik. Kedua pasangan sudah seharusnya mengisi hari hari dengan membaca hal hal yang baik dan menambah ilmu. Tidak boleh terlewat beribadah, berdoa, dan membaca ayat ayat suci Al Quran. Dengan itulah asupan gizi rohani si anak akan terisi.

Ibu hamil dianjurakan untuk mendengarkan musik dan alunan nada yang indah dan baik. Musik klasik adalah salah satu yang dianjurkan. Alunan nada yang indah dipercaya dapat membantu menstimulus kecerdasan anak.

Makanan jasmani juga harus diperhatkan, dan hal yang harus diperhatiakan dalam hidup sehat adalah cara makan. Sangatlah dianjuran untuk mencontoh cara makan rasul. Rasul menganjurkan :

Jangan makan susu bersama daging

Jangan makan daging bersama ikan

Jangan makan ikan bersama susu

Jangan makan ikan bersama telur

Jangan makan ikan bersama daun salad

Jangan makan susu bersama cuka

Jangan makan susu bersama buah ( contoh : coctail )

Memakanlah buah-buahan terlebih dahulu, baru makan nasi ( hidangan utama ). Jangan makan buah setelah makan nasi ( hidangan utama ).

Jangan sekali tinggalkan makan malam. Menurut penelitian jam 12.00 s/d jam 20.00 adalah waktu dimana tubuh dapat mencerna makanan dengan baik. Jadi disarankan juga supaya makan malam tidak lebih dari jam 20.00.

Disarankan untuk istirahat/ tidur setelah makan siang, kurang lebih selama 1 jam.

Asupan gizi dengan komposisi vitamin, protein, karbohidrat, lemak ( serperti asam folat ), dan mineral ( kalsium dan zat besi ) pun harus diperhatikan. Bagi ibu yang sedang mengandung dianjurkan untuk makan suplemen terutama suplemen minyak ikan dan makan makanan jenis kacang-kacangan/ polong polongan.

Bagi pasangan suami istri jangan lah mendekati segala sesuatu yang diharamkan dan segala sesuatu yang menimbulkan madarat. Rokok adalah salah satu yang diharuskan untuk dihindari. Bahkan bangsa yahudi pun mengharamkan rokok bagi masyarakatnya. Kerusakan yang diakibatkan oleh rokok dan barang-barang haram dapat berakibat kebodohan dan penurunan kualitas genetik pada keturunannya.

Sumber : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Artikel Populer