Jumat, 11 November 2011

Awali hari dengan kebaikan

Dari Abu Hurairah, Rasulullah s.a.w. bersabda, " Tiada suatu hari bagi para hamba yang bangun pagi-pagi kecuali dua malaikat akan turun. Salah satu dari malaikat itu berkata : 'Yaa Allah, berikanlah kepada orang yang bersedekah itu pahalanya'. Malaikat yang kedua berkata :'Berikanlah kerusakan pada orang yang kikir'." ( H.R. Bukhari )

Pada awal hari kita bangun dari tidur kita untuk memulai hidup kita pada hari itu. Saat adzan subuh berkumandang kita melaksanakan shalat subuh, dan ada pula yang telah bangun dari 1/3 malam untuk melaksanakan shalat malam. Dari hadist diatas, rasulullah s.a.w. menggambarkan setiap hari di awal hari ada dua malaikat yang satu mendoakan umat manusia dengan kebaikan dan yang satu mendoakan umat manusia dengan keburukan.
kebaikan akan mengiringi bagi kita yang mengawali dan menjalani hari dengan sedekah dan kebaikan. Berikut adalah kebaikan ( yang alangkah indahnya ) dilakukan oleh kita untuk mengawali dan mengisi hari dengan keberkahan :

1) mengawali tidur dan mengakhiri tidur dengan ber-doa
Hudzaifah r.a. dan Abu Dzarr keduanya berkata : Adalah Rasulullah s.a.w. jika akan tidur membaca : "bismikallahuma ahya wa bismika amut" ( Dengan namamu yaa Allah, aku hidup dan mati ), dan apabila bangun tidur membaca :"alhamdulillahiladzi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihinnusyur" ( segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku, dan kepada Allah akan bangkit ). ( H.R.Bukhari)

2) ketika bangun tidur selalu ingatlah Allah, jangan memikirkan hal dunia dulu

3) jangan tidur lagi
Dari Fatimah binti Muhammad r.a. ia berkata :"Rasulullah s.a.w. melewati aku, sedangkan ketika itu aku tiduran di waktu pagi. Maka beliau menggerak gerakan aku dengan kaki beliau, kemudian bersabda :"Wahai anaku, bangunlah, saksikan rizki Tuhanmu dan janganlah kamu menjadi golongan orang orang yang lalai. karena sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla membagi rizki bagi manusia antara terbit fajar sampai terbit matahari". ( H.R. Baihaqi )

4) aktif bekerja dengan niat ibadah
Dari Salim, dari ayahnya, ia berkata : Rasullullah s.a.w. bersabda,"Sesungguhnya Allah cinta kepada orang mukmin yang aktif". (H.R.Baihaqi )

5) harapkan keberkahan

Subhanallah, semoga kita termasuk kedalam golongan orang orang yang diberi hidayah, keberkahan, dan keselamatan di dunia dan di akhirat. Amin.

Tidak ada komentar:

Artikel Populer