Sabtu, 19 Mei 2012

Tips Atasi Flu Saat Hamil

ibu hamil

Ibu hamil ( bumil ) harus lah menjaga kesehatan dirinya dan janinnya. Semua kondisi seharus kondusif demi kesehatan fisik dan psikologis bumil. Saat bumil terserang flu, jangan anggap remeh penyakit flu itu.  Bila flu dibiarkan, dikhawatirkan dapat menyebabkan kejang dan dikhawatirkan membahayakan janin, apalagi apabila disertai dengan batuk. Flu saat hamil merupakan kondisi yang tidak kondusif bagi janin.

Untuk mengatasi flu saat hamil, sebaiknya hindari penggunaan obat obatan. Berikut beberapa tips untuk meredakan flu saat hamil.


Berendam air hangat/ atau terapi uap air hangat
Hangatnya air yang terasa tubuh berkhasiat dapat meredakan hidung tersumbat, dan tentunya juga dapat menghangatkan tubuh.


Minum  teh panas atau coklat panas
Meminum teh panas atau coklat panas dapat juga meredakan gejala flu. Namum apabila tenggorokan terasa sangat perih, meminum minuman hangat dapat dilakukan seperti meminum susu.


Menjaga tubuh agar tetap hangat
Saat flu pada umumnya tubuh akan demam, penting untuk menjaga tubuh tetap hangat dengan memakai pakaian tebal, mengatur suhu ruangan supaya hangat, dan menghindari kontak langsung dengan angin. Namun saat demam mulai tinggi, ibu hamil dapat juga menyediakan sekantung es/ air dingin yang diletakan diatas kepala.


Menjaga rumah tetap bersih
Rumah yang bersih dapat memberikan situasi kondusif bagi bagi badan. Sedikit debu yang dapat mengganggu hidung dan tenggorokan, serta sedikit kuman yang dapat masuk ke tubuh.


Menghisap permen pastiles
Permen pastiles dapat melegakan hidung dan tenggorokan. Jangan konsumsi dengan berlebih.


Lebih banyak beristirahat dan makan makanan yang bergizi
terakhir yang terpenting adalah tidak memaksakan diri bekerja, prioritaskan istirahat dan makan makanan yang bergizi. insyaallah sembuh.


Namun apabila terpaksa meminum obat karena flu yang teramat berat dan berkepanjangan. maka hindari penggunaan obat tanpa konsultasi dengan dokter atau bidan. Berikut sedikit pengetahuan pemilihan obat flu untuk ibu hamil.
> Batasi penggunaan obat seminimal mungkin
> Waspadai obat dekongestan ( pelega hidung )
> Obat herbal tidak selalu aman
> Pilihan obat harus yang bebas alkohol


Segitu dulu tips bagi bumil nya ,, semoga berguna.





Tidak ada komentar:

Artikel Populer