Minggu, 07 Oktober 2012

Apa Keinginan mu ?? dan Apa Prioritas mu ??

ilustrasi menentukan prioritas
Image by  Freepik


Berbicara tentang keinginan ,, maka sesuatu boleh jadi menjadi rumit. 

Beberapa hari yang lalu, tiba tiba saja saya teringat kata-kata sahabat saya yang terucap beberapa tahun yang lalu. 

"Want to ,, then ,,  Must to ,, or Need to ,, or Nice to ,,"


kira kira itulah tema pembicaraannya ,,, 

Manusia cenderung memiliki "keinginan" yang tidak terbatas ,,, untuk memenuhu segala kebutuhannya baik dilihat dari sudut pandang biologis, psikis, ataupun ekonomis. 

Tetapi manusia memiliki banyak keterbatasan ,,, dalam berbagai faktor tentunya. Bahkan mulai dari orang yang sangat terbatas secara ekonomis, terbatas secara biologis, terbatas secara psikis, atau bahkan orang yang paling kaya dan berkuasa pun tentu memiliki keterbatasan sebagai manusia sesuai kadarnya masing masing.

Tentu saja ,, segala keterbatasan kemampuan manusia tersebut akan membatasi ruang gerak kita untuk memenuhi segala keinginan kita yang tidak terbatas. Akibatnya ,,, tidak semua keinginan kita dapat kita usahakan dan tidak semua keinginan kita tersebut dapat kita dapatkan.

Oleh karena itu kita perlu membuat prioritas atas segala keinginan kita tersebut ,,, 

"want to ,,, then must to, or need to, or nice to ,,, " ----> from the positive point of view ,,, that is priority category.

Kenapa dikatakan dari "positive point of view" ,,, karena ketika dilihat dari pola pikir yang negatif maka kategorinya akan menjadi : " want to ,, then must to, or need to, or nice to, or not important to, or bad to,,, "

Dan dari sudut pandang negatif tersebut ,,, Penulis tidak setuju kategori " not important to ,,, " dan " bad to", karena Penulis yakin ,,, setiap manusia selalu memiliki "keinginan" yang baik yang dapat dia peroleh ,,, 

Want to ,,,, adalah keinginan manusia yang tidak terbatas ( unlimited desire ) 
Must to ,,, adalah prioritas terpenting dari banyak keinginan yang harus kita lakukan dan harus kita penuhi
Need to ,,, adalah prioritas penting dari banyak keinginan yang perlu kita lakukan dan  perlu kita penuhi
Nice to ,,, adalah prioritas baik dari banyak keinginan yang mungkin bukan yang terpenting dan juga tidak penting tetapi apabila kita mengusahaknnya dan memenuhinya dampaknya akan baik bagi kita, secara psikis, biologis, ataupun ekonomis.

Setiap orang memiliki pendapat masing masing tentang apa saja yang termasuk dalam kategori-kategori tersebut. Pengurutan prioritas sangatlah penting ,,, dan penentuan prioritas adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perjalanan hidup seseorang ,,, So berhati hatilah dalam mengusahakan segala pemenuhan tersebut ,,, bukan atas dasar kebebasan ,,, tetapi bijaksanalah dalam menentukannya.

"It's not about freedom ,,, it's all about wishdom" 

dan ketika kita bicara tentang freedom ,,, berhati-hatilah ,,, coz ,, when unlimited desire meet unlimited freedom ,,, we talk about greedy.




Tidak ada komentar:

Artikel Populer