Kamis, 17 Januari 2013

manusia itu BERUBAH

ilustrasi change
Image by  Freepik 


"pengalaman adalah pelajaran yang paling berharga dalam hidup", hampir semua orang setuju dengan quote ini :) tidak terkecuali penulis :p

Secara sadar atau tidak sadar pengalaman seorang manusia akan membentuk manusia itu sendiri, boleh dikata hal tersebut adalah insting hidup manusia.

Semua kejadian yang terjadi pada hidup seorang manusia manusia ada pengalaman untuk seorang manusia. Baik berupa pengalaman yang baik ataupun pengalaman yang buruk.

Teringat nasihat seorang teman, 
"Banyak-banyak lah belajar dari pengalaman yang baik, ketika manusia sudah tidak bisa belajar dari pengalaman yang baik, Tuhan akan memberikan pengalaman yang buruk kepada kita agar kita mau belajar".

"Manusia biasanya akan sadar kalo diberikan musibah, sebaiknya kamu sadar sebelum musibah datang untuk menyadarkan kamu"


Pengalaman hidup seorang manusia bisa merubah manusia tersebut ,,, 
dari tidak bisa menjadi bisa, 
dari tidak tau menjadi tau, 
dari tidak mampu menjadi mampu, 
dari takut menjadi berani, 
dari berani menjadi takut, 
dari jahat menjadi baik, 
dari baik menjadi jahat,
dari kekanak-kanakan menjadi dewasa,
dari dewasa menjadi kekanak-kanakan,
dan sebagainya .....


semua adalah proses pembelajaran hidup :) setiap pengalaman akan membentuk pola pikir, pola hati, dan sikap yang berevolusi.


Pengalaman hidup akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Pengalaman hidup yang dialami oleh diri sendiri adalah sesuatu yang berharga, tidak bisa diulang, dan tentunya memakan umurmu ( karena penglaman bertambah=usia bertambah=umur berkurang :p )

Pengalaman hidup yang dialami oleh diri sendiri adalah pembelajaran yang cukup efektif dari pada belajar dari pengalaman yang dialami oleh orang lain.

Walaupun ada yang bilang kalo belajar dari pengalaman orang lain adalah proses belajar yang terbaik, tetapi pengalaman yang dirasakan oleh panca indra dirinya sendiri akan lebih mengukir dalam diri manusia.


Pengalaman hidup itu unik dan spesifik untuk setiap manusia. Untuk kasus yang sama akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk setiap manusia, karena manusia itu sendiri adalah mahluk yang unik dan spesifik.


Tetapi apapun pengalaman yang kita alami, memang diharapkan pengalaman tersebut dapat membuat diri kita jadi lebih baik.Tidak semua pengalaman hidup dapat membuat diri kita jadi lebih baik, tetapi walaupun demikian tetaplah berusaha untuk menjadi lebih baik. Karena berubah menjadi lebih baik itu indah.


dan hargailah setiap pengalaman yang dialami oleh orang orang di sekeliling kita, janganlah mencela atau merendahkan pengalaman pengalaman dari seseorang, sesederhana apapun itu. Karena setiap pengalaman manusia adalah berharga :) 


jangan pula untuk menyamakan dan memaksakan pengalaman diri kita kepada orang lain. Karena boleh jadi baik dari sedikit faktor atau banyak faktor, kondisi nya berbeda. Tak perlu memaksakan karena memaksa itu dalam kasus apapun adalah hal yang kurang baik. Cukup jadilah diri kita selalu positif, dengan seperti itu kita akan menjadi contoh dan menyebarkan aura positif yang diharapkan dapat memberikan kondisi kondusif bagi setiap insan yang berinteraksi dengan kita :) 


terakhir kata dari penulis untuk menutup coretan ini : 
its not about freedom, its all about wishdom
simple word .. simpel say , say the word with my own way
have a nice share :)




Tidak ada komentar:

Artikel Populer