Kamis, 24 Januari 2013

Apa yang menjadi motivasimu ?

Photo by Cam Adams on Unsplash


Motivasi adalah hal abstrak yang penting dalam hidup. Dalam ensiklopedia bebas Wikipedia, Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang seringkali disamakan dengan semangat, seperti contoh dalam percakapan "saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi". Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat.

Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.


Itu adalah teorinya, dan tentu teori tentang pengertian motivasi tersebut setidaknya mencerminkan pengertian motivasi pada manusia pada umumnya. 


Dan bagaimana arti dari motivasi menurut kamu? dan pertanyaan yang tidak kalah penting adalah ,,, 


APA MOTIVASIMU ?

Pembentukan motivasi pada setiap individu adalah hal yang sangat pribadi, dan tentunya pengalaman hidup, perjalanan hidup, dan pembentukan hidup nya lah yang membentuk motivasi dari suatu individu. Manusia memiliki naluri secara umum untuk bertahan hidup dan melakukan sesuatu yang menurut dirinya penting. 

Dari naluri dasar manusia itulah muncul suatu motivasi dalam hidupnya. Sesuatu yang penting dan berharga dalam hidup manusia itulah yang secara langsung dapat menjadi motivasi yang kuat bagi seseorang.

Sudut pandang manusia terhadap sesuatu yang penting dan berharga bagi seseorang itu bisa berubah tergantung dari apa yang telah terjadi pada hidup dirinya. 

Dari pertanyaan APA MOTIVASIMU ? maka dapat kita tarik pertanyaan dasarnya ,,, APA YANG PENTING DAN BERHARGA BAGIMU ?


APA YANG BERHARGA DAN PENTING BAGIMU ? 

Dalam menjawab pertanyaat itu maka setiap orang punya alasan kenapa sesuatu dianggap penting oleh dirinya. Apa yang penting bisa jadi sesuatu ( benda fisik, keyakinan, ideologi, dll ) atau seseorang. Kembali ke naluri dasar manusia, dimana manusia adalah mahluk yang pamrih dan meminta timbal balik. Dari sifat manusia yang pamrih tersebut maka akan sulit menerapkan kata kata " Cinta tidak harus memiliki " dan kata kata tersebut boleh dikata gombal :p hehehehehe.....selain manusia adalah mahluk yang pamrih manusia juga sangat senang apabila dirinya mendapatkan pengakuan dan penghargaan ( tentunya dari berbagai sudut pandang individu yang bersangkutan ). Dengan kata lain, singkat kata , manusia akan merasa lebih berarti apabila manusia tersebut menganggap penting sesuatu yang menjadikan dirinya penting, mencintai sesuatu yang membuat dirinya penuh cinta, menghargai sesuatu yang dapat menjadikan dirinya berharga, menggantungkan diri terhadap sesuatu yang membuat dirinya tentram, tenang, dan nyaman.
Sebaliknya apabila menusia tersebut mencintai sesuatu yang tidak mencintai dirinya, menghargai sesuatu yang tidak menjadikan dirinya berharga, mementingkan sesuatu yang tidak menjadikan dirinya penting,,, maka individu tersebut akan dilanda GALAU ,,, 


Dari paparan diatas, dapat kita simpulan :


APA MOTIVASIMU ?
jawab : MOTIVASIKU ADALAH SESUATU YANG BERHARGA DAN PENTING BAGIKU


LALU APA YANG BERHARGA DAN PENTING BAGIMU ?
jawab : SESUATU YANG BERHAGA DAN YANG PENTING BAGIKU ADALAH SESUATU YANG MEMBUAT DIRIKU PENTING DAN BERHARGA


LALU APA YANG TELAH MEMBUAT DIRIMU PENTING DAN BERHARGA ?
jawab : ...... ? ( silahkan jawab dalam diri kita masing masing, apa yang telah menjadikan diri kita penting dan berharga, carilah dari sesuatu yang terdekat dan yang sedang kita miliki, jangan mencari dari sesuatu yang tidak kita miliki )



Sekian dari penulis, semoga bermanfaat :)


akhir kata : 
it's not about freedom, it's all about wishdom
simple word simple say ,,, say the word with my own way ,,,



 


Tidak ada komentar:

Artikel Populer